Rabu, 23 November 2011

5 Museum Unik di Dunia

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Museum tidak selalu menyimpan barang-barang peninggalan sejarah. Beberapa museum yang disebutkan dibawah ini menyimpan koleksi karya seni yang unik dan menarik untuk dilihat.
1.Museum Coklat, Cologne – Jerman.
Museum Coklat Cologne dibuka pada 31 Desember 1993 di jantung kota Cologne, Jerman. Gedung museum menyerupai sebuah kapal yang terbuat dari kaca dan logam.Museum ini adalah museum coklat satu-satunya di dunia di mana pengunjung dapat mengetahui segala sesuatu tentang camilan manis paling digemari diseluruh dunia ini. Didirikan oleh Hans Imhof seorang penggemar berat coklat, yang secara tidak sengaja menemukan kembali barang-barang masa lalunya yang berupa kertas perak pembungkus coklat, piring saji kaca tua, kotak pralin dan surat-surat tua yang isinya mengenai coklat. Dimuseum ini dijelaskan sejarah coklat yang sudah dikonsumsi pada masa suku Maya, Aztec, dan Olmec, sejarah produksi coklat merek terkenal C Van Houten yang sudah diproduksi sejak abad 19 dan pengunjung juga dapat melihat alur produksi coklat.Tiket masuk museum ini cukup murah hanya sebesar 7,5 euro atau sekitar Rp 90 ribu.(**)




2.Mayong Central Museum, Assam – India
Museum ini sebenarnya adalah sebuah desa yang terpencil di timur India yang dijadikan sebagai tempat wisata budaya dan sejarah. Desa Mayong terkenal sejak dulu sebagai pusat Black Magic atau ilmu sihir hitam di India. Terdapat rumah-rumah tua dan terdapat peninggalan arkeologi dan artefak, baik yang sudah ditemukan ataupun belum ditemukan. Jika sedang beruntung, pengunjung desa Mayong akan disuguhi atraksi sulap kuno atau atraksi penyembuhan penyakit dengan pembacaan mantra-mantra sihir.(**)


Mayong Central Museum, Assam – India (Sumber: faltooclub.com)

3.Museum Love Land, Jeju – Korea
Museum Love Land merupakan museum sensual yang isinya terdapat patung-patung sensual. Meskipun disebut sebagai museum sensual, museum ini tidak terkesan cabul. Pada masa selesainya Perang Korea, Pulau Jeju menjadi tempat favorit para pasangan muda untuk berbulan madu. Yang kemudian pada tahun 2004 Museum Love Land didirikan. Patung-patung di sini dibuat oleh 20 seniman dari Hongik University di Seoul. Mereka menggambarkan aktivitas seksual dan erotisme sebagai karya seni yang mengandung unsur humor. Terdapat pula patung-patung yang memperlihatkan seni bercinta dari beberapa negara. Karena museum ini merupakan museum sensual, maka diberlakukan syarat khusus bagi pengunjung yaitu pengunjung harus berusia minimal 19 tahun.(**)




4.Museum Sir John Soane – London
Sesuai namanya museum ini didirikan oleh Sir John Soane seorang Profesor Arsitektur di Royal Academy pada pertengahan abad ke 18. Pada awalnya museum ini merupakan rumah sang Profesor, pada saat itu dia menyusun buku-buku dan karya arsitektur agar mudah diakses dan dipelajari oleh para siswa. Pada abad ke 19 rumah Sir John Soane ini mulai dibuka untuk umum. Bangunan museum ini merupakan karya arsitektur dari Sir John Soane yang di dalamnya terdapat lorong-lorong rahasia dan labirin cermin. Kini museum ini menyimpan berbagai macam barang koleksi yang berusia sekitar 4 abad. Seperti furniture, perlatan dapur, pernak-pernik, patung, lukisan dan yang paling unik terdapat rambut Napoleon.(**)




5.Teddy Bear Museum – Jeju (Korea)
Jeju Teddy Bear Museum dibuka pada 24 April 2001. Di sini kita dapat menemukan segala sesuatu tentang boneka menggemaskan Teddy Bear. Museum ini terdiri dari dua galeri, toko suvenir museum, dan kafe. Para kolektor Beruang Teddy dari Eropa banyak yang berkunjung ke museum ini untuk menemukan koleksi beruang yang usianya sudah tua dan paling unik.
Beruang Teddy begitu dicintai dan dihargai, Beruang Teddy ini pertama kali diperkenalkan lebih dari 100 tahun yang lalu. Diberi nama Teddy karena mengambil dari nama Presiden AS ke 26 Theodore Roosevelt. Menurut legenda, Presiden Roosevelt yang hobi berburu beruang, pada suatu hari tidak jadi menembak beruang buruannya karena jatuh hati pada beruang itu.Kisah itu menyebar dengan cepat, dan orang-orang segera mulai membuat sendiri Beruang Teddy. Morris Michtom, seorang Amerika dan Margarete Steiff, seorang Jerman, adalah produsen pertama yang memproduksi boneka beruang komersial. Dan di museum ini Beruang Teddy dibuat berbagai model bahkan terdapat Beruang Teddy dengan karakter Pangeran Charles, Lady Diana, Maryline Monroe dan lain-lain. Yang Jelas semua pasti tampak menggemaskan(**)

Ipenk 23 Nov, 2011


--
Source: http://www.dunia-unik.com/2011/11/5-museum-unik-di-dunia.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More